Jasa Pembuatan Website > Alur Aplikasi Pajak BPHTB > Alur Aplikasi Pajak BPHTB
  • Posted by: Yopi
Alur Aplikasi Pajak BPHTB

Alur Aplikasi Pajak BPHTB. Dalam hidup bernegara setiap warga negara wajib mengikuti dan tunduk kepada semua peraturan dan perundangan – undangan yang berlaku yang diantaranya mengatur hak kepemilikan tanah dan bangunan yang harus tercatat dan terdata pada pemerintah negara sebagai dasar bukti kepemilikan yang sah atas tanah dan bangunan, maka pemerintah menerapkan dan mewajibkan kepada setiap warga negara yang memiliki tanah dan bangunan untuk dapat mengeluarkan bea perolehan atas tanah yang tidak terikat dengan waktu pembayaran dan bangunan dan bukan  pajak yang memiliki waktu pembayaran yang sudah ditentukan dari aset tanah dan bangunan tersebut sebagai bagian dari pemerataan pemerintah dalam mensejahterakan semua warga negara sesuai dengan yang diatur dalam peraturan perundangan mengenai Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang tertuang dalam UU No. 21 Tahun 1997 dan telah di ubah menjadi UU No. 20 Tahun 2000 yang selanjutnya diubah menjadi UU BPHTB. Contoh penerapannya kepada :

  1. Jual Beli tanah dan bangunan
  2. Tukar – menukar
  3. Hibah, perolehan yang dibebankan kepada pemeberi hibah atas tanah dan bangunan yang masih hidup
  4. Hibah Wasit, perolehan yang dibebankan kepada pemberi hibah akan tetapi berlaku setelah pemberi hibah membuat wasiat meninggal dunia.
  5. Waris dan Ahli Waris.

Pengurusan pembayaran BPHTB yang sebelumnya dilakukan secara manual dan konpensional dengan cara datang langsung ke kantor Dinas Pajak dan Pertanahan, kini kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sudah dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut dengan mengaplikasikannya melalui sebuah software atau Aplikasi Pajak BPHTB Online yang akan memudahkan setiap orang yang akan melakukan pengurusan BPHTB yang tidak harus datang langsung ke kantor dinas akan tetapi bisa dilakukan secara online dengan pembayaran melalui beberapa bank yang sudah kerjasama dengan kantor dinas terkait.

Baca Juga : Fitur Aplikasi E BPHTB Online

Aplikasi Pajak BPHTB Online artinya biaya yang dikeluarkan dari proses transaksi jual beli tanah dan bangunan dengan tarip BPHTB mencapai 5% dari harga jual yang dikurangi dengan nilai Peerolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP). Dengan bantuan Aplikasi Pajak BPHTB semua masyarakat yang memiliki kewajiban membayar sejumlah tarip dari transaksi jual beli tanah dan bangunan dapat secara mudah dan praktis melakukan pembayaran bea perolehan tersebut melalui media online dengan mengakses Aplikasi Pajak BPHTB Online.

Alur Aplikasi Pajak BPHTB online dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Notaris/PPAT melakukan pendaftaran dan mengisi kelengkapan data seperti informasi wajib pajak, histori transaksi wajib pajak, informasi objek pajak, informasi perhitungan BPHTB dan informasi penjual/pemberi waris/pemberi hibah/penyelenggara lelang.
  2. Data Notaris/PPAT akan diverifikasi oleh petugas dengan 4 tahap verifikasi (daftar, persyaratan, informasi OP, dan validasi SPPT)
  3. Setelah hasil verifikasi selesai, terdapat fitur cetak kode bayar
  4. Notaris melakukan pembayaran ke Bank dengan menggunakan kode bayar
  5. Jika sudah bayar status menjadi lunas dan dapat cetak kartu SSPD
  6. Notaris dapat cetak SSPD
  7. Notaris memberikan hasil cetakan SSPD kepada BPN untuk diverifikasi kebenarannya sesuai dengan nomor daftar.
  8. Jika dari BPN sudah membuat akta dapat dilaporkan kembali melalui pelaporan SPPD di sistem BPHTB online.

Baca Juga : Aplikasi E BPHTB Online

Kenapa Memilih Aplikasi E-BPHTB kami ?

  1. Fitur yang kami berikan lengkap dapat mengintegrasikan dengan PBB, BPN dan bridging dengan BANK
  2. Berpengalaman dari tahun 2017
  3. Aplikasi e-BPHTB sudah digunakan di BAPPENDA Kab. Sumedang
  4. Full Support
  5. Tepercaya
  6. Harga aplikasi e-BPHTB terjangkau
  7. Memberikan layanan terbaik
Author: Yopi

Leave a Reply